Tolong dan Terima Kasih

Merian Fauzi 00.13
Dalam kehidupan sehari-hari sebagai makhluk sosial manusia tak lepas dari rasa saling tolong menolong, tidak ada manusia yang mampu menyelesaikan suatu pekerjaan sendiri. Bukan hanya dalam hal perbuatan dan pekerjaan yang biasa kita lakukan, hal-hal sepele yang sering kita lewati sering mendapat bantuandari orang sekitar. Orang yang paling dekat dengan kita adalah tetangga, merakalah pertama sekali akan membantu kita ketika ada musibah seperti kebakaran konflik rumah tangga, pertikaian dan lain sebagainya.
Sebenarnya yang membuat orang lain menghargai dan menghormati kita yaitu cara kita berkomunikasi, tata krama dan etika dalam berbicara, ada dua kata yang sangat jarang digunakan dalam kehidupan sehari-hari yaitu tolong dan terima kasih, terlihat sederhana tetapi kata ini sangat sopan ketika digabungkan dengan kalimat meminta bantuan kepada orang lain. Contoh yang akan saya berikan disini ketika kita hendak meminta bantuan kepada orang lain saat kita butuh bantuan mengambil sesuatu misalnya, jika kita selipkan kata tolong dalam kalimat tersebut akan terlihat sangat sopan dan seakan kita tidak memerintah orang tersebut tetapi lebih kepada meminta bantuan, kalimatnya seperti ini ; “tolong ambilkan saya air minum”.
Kalimat terima kasih dewasa ini juga sudah jarang orang gunakan, padahal dua kata ini sangat besar nilai positifnya. Saat membeli suatu barang seharusnya kita menggunakan kata ini di akhir ketika kita hendak beranjak pergi dari penjual.

Dua kalimat ini memang terdengar simple tetapi mengandung makna yang baik dan menghargai orang lain yang telah membantu kita, Sebaiknya digunakan dalam percakapan sehari-hari agar orang lain lebih menghormati dan menghargai kita. Berawal dari hal-hal yang sederhanalah kita belajar berbuat baik kepada orang lain

Artikel Terkait

Previous
Next Post »